Macam-Macam Bentuk Kubah Masjid

Mendirikan masjid tentunya tidak lepas dari macam-macam bentuk kubah masjid yang bisa dipadukan. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang memilih untuk berkonsultasi lebih dulu sebelum menentukan desain mana yang paling sesuai. Karena bisa jadi kebutuhan tiap masjid tidak sama serta desain yang diinginkan tiap orang juga berbeda satu dengan yang lain. Oleh sebab itu mengetahui aneka macam kubah yang cocok untuk masjid sangat diperlukan. Bagi yang belum tahu benar apa saja macam-macam bentuk kubah masjid, sebaiknya lihat dulu informasi tips memilih bentuk kubah masjid yang tepat maupun jenis kubah yang laris di pasaran berikut ini.

Sesuaikan Dengan Lingkungan

Sebaiknya sebelum memilih bentuk yang sesuai, ada baiknya disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Termasuk gaya serta ciri khas di daerah tersebut. Sebagian besar kubah masjid bisa dipengaruhi oleh pengaruh arsitektur budaya di wilayah tersebut.

Pilih Warna yang Menarik

Ada baiknya memilih warna yang menarik, terutama bila dilihat dari kejauhan. Supaya masjid lebih terlihat artistik serta mudah untuk dikenali. Terutama jika terletak di daerah yang tertutup aneka bangunan atau pepohonan. Pemilihan warna yang unik serta menarik membantu mempermudah untuk menemukan masjid.

Pastikan Dana Mencukupi

Sesuaikan luas dan besar kubah dengan ketersediaan dana. Selain itu pastikan juga memilih material yang sesuai dengan dana yang telah direncanakan di awal tersebut. Sehingga kubah dapat dibangun tanpa pembengkakan anggaran.

Perhatikan Luas Bangunan

Perhatikan juga besarnya bangunan masjid serta luasannya. Hal ini akan membantu menentukan besar serta luasan kubah yang akan dibangun. Sebaiknya pilih bentuk dan besaran yang proporsional. Sehingga tidak berlebihan namun juga masih dapat terlihat jelas dari kejauhan.

Aneka Macam Bentuk Kubah Masjid

Apabila sudah mempertimbangkan faktor di atas, maka selanjutnya bisa memilih macam-macam bentuk kubah masjid yang sesuai. Ada beberapa jenis kubah masjid yang cukup popular dan sering kali dipilih. Antara lain yaitu sebagai berikut:

Kubah Bawang

Jenis kubah yang satu ini bentuknya mirip seperti bawang, yaitu melengkung baik di bagian atas kubah maupun di bagian bawahnya.

Kubah Oval

Kubah ini umumnya terlihat seperti belahan telur raksasa yang dipotong secara horizontal. Sehingga cukup unik dan menarik.

Kubah Parabola

Ini adalah kubah yang berbentuk melengkung, tetapi tidak bulat sepenuhnya. Selain itu kubah jenis ini umumnya lonjong dan daerah ujungnya semakin mengecil bila diperhatikan dengan seksama.

Kubah Berumbi

Dikatakan kubah berumbi karena bentuknya yang cukup sederhana mirip dengan tunas umbi yang sedang tumbuh.

Kubah Geodesik

Kubah ini terdiri dari banyak bilah datar yang kemudian disatukan hingga membentuk polyhedral. Kubah jenis ini sangat umum digunakan di Indonesia.

Kubah Setengah Lingkaran

Ini adalah kubah yang berbentuk potongan bola. Oleh sebab itu banyak yang menyebutnya dengan bentuk setengah lingkaran.

Itulah macam-macam bentuk kubah masjid yang bisa dijadikan pilihan beserta tips memilihnya jika ingin membangun masjid di lingkungan anda. Untuk memastikan desain serta bentuk kubah yang dipilih sesuai serta berkualitas, sebaiknya jatuhkan pilihan pada pembuat serta penjual kubah masjid terpercaya. Salah satunya yaitu PT. Anugerah Kubah Indonesia yang telah bertahun-tahun berpengalaman dalam membangun serta mendesain kubah masjid yang indah nan cantik. Segera hubungi perusahaan ini di nomer telepon 081333735000, dan dapatkan penawaran harga yang menarik. Jangan khawatir memperoleh harga yang mahal, karena desain dan harga bisa disesuaikan dengan dana yang anda miliki.

 

Baca juga: Desain Kubah Masjid Modern dan Contoh Desain Kubah Masjid