KUBAH MASJID

Call atau WA +6281333735000 (Wahyu Agus Ariadi) untuk info penjual kubah masjid terpercaya

kubah masjid - Astra Agro Lestari
Masjid Astra Agro Lestari

 

Kubah Masjid Modern

Masjid adalah tempat ibadah umat muslim, keindahan masjid itu sendiri bisa terlihat dari arsiterturnya yang semakin bervariasi, salah satunya di bagian kubah masjid. Kubah masjid sendiri memiliki fungsi sebagai penanda arah kiblat dari luar dan menerangi bagian interior masjid. tak hanya itu dalan tulisan berjudul A Review of Mosque Architecture, Foundation for Science Technology Civilisation (FSTC) mengungkapkan, keberdaan kubah adalah arsitektur Islam paling tidak memiliki dua interprestasi simbolik, yakni, impresentasikan kubah surga dan menjadi semacam symbol kekuasaan dan kebesaran Tuhan. Kubah juga dapat menghadirkan ruang positif yang besar untuk suatu bangunan.bangunan masjid yang memiliki kubah membuat orang yang berada didalamnya akan merasa leluasa. Tak hanya kesan megah kubah juga dapat membuat seorang umat merasa lebih kecil di hadapan seluruh kebesaran Allah SWT.

Banyak masjid di dunia kini juga mempunyai kubah, termasuk di Indonesia. Salah contoh keindahan kubah masjid di dunia bisa kita lihat di masjid Nabawi, Rasulullah SAW membangun masjid tersebut di kota Madinah ini telah menjadi pusat perhatian seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia karena situs paling suci kedua dalam Islam setelah Masjid Al Haram. Dimana kita lihat begitu megahnya kubah yang terlihat disana, yang mana kubah tersebut dicat dengan warna hijau pada tahun 1837 yang kemudian dikenal sebagi Green Dome. Dan di Indonesia sendiri juga sudah memiliki masjid yang memiliki kubah yang berbahan dasar kayu maupun emas.

Baca juga: Harga Kubah Masjid dan Harga Kubah Masjid Modern

Kubah sendiri berbentuk seperti setengah bola dan ada pula yang bentuk kubah yang menyerupai piring. Dikatakan demikian, karena pada puncaknya terlihat rendah dengan dasarnya yang besar, dan juga ada yang seperti kubah bawang karena bentuknya hamper menyerupai bawang. Bahan-bahan untuk pembuatan kubah sendiri dapat menggunakan batu bata dan beton, namun semakin modern kubah biasanya dibuat menggunakan aloi alumunium, keluli atau kongrit diperkuat sebagai rangka dan didapatkan dengan kepingan alumunium, tembaga polikarbonat ataupun cermin sesuai keperluan.

Sejarah awal kubah kemungkinan diciptakan pada masa primitive yang dibuat dari dahan kayu sebagai rangka dan dipadatkan dengan selut dan lumpur, bisa juga dipadupadankan dengan batu sebagai sangganya. Kubah untuk makampun ternyata juga telah dijumpai di yunani pada kubur Mikene, yang mana kubah tersebut hanya berbentuk bangunan-bangunan kecil. Kemudian di abad pertengahan dan renaissance, semasa pemerintahan kerajaan Romawi bentuk struktur yang bulat telah diciptakan pada masa tersebut, dilanjutkan pada masa renaissance, orang-rang eropa mnegnalkan ide tanglung di puncak kubah, mereka telah meletakkan kubah distruktur bulat supaya terlihat lebih tinggi. Sedangkan pada zaman modern kubah sudah banyak bentuk kubah yang diperkenalkan salah satunya yaitu kubah godesi yang berbentuk hemisfer dan menggunakkan kekisi sebagai rangka yang menjadikkannya menjadi lebih ringan.

Kubah memang bukan berasal dari arsitektur Islam, sejarah menyatakan yang pertama menggunakan kubah masjid yaitu dari bangsa Mesopotamia yang ditemukan pada 6000 tahun yang lalu, di Mycenan Greeks juga sudah ditemukan makan berbentuk kubah yang disebut tholos tomb.meski kubah bukan bersal dari ajaran Islam, islam sendiri mengajarkan tidak membawa secar langsung tradisi budaya fisik. Islam sendiri masih memberikan kepada umatnya untuk menentukan pilihan-pilihan fisiknya pada akal-budi dan yang pasti tidak sampai menyimpang pada ajaran agama Islam.Kubah pada arsitektur islam yang pertama terdapat dalam kubah batu (Dome of Rock) atau yang dikenal sebagai Masjid Umar di Yarusalem yang dibangun sekitar tahun 685 M sampai 691 M. Pada interior kubah batu dihiasi dengan arabesk, tanaman rambatan dan juga ornament kaligrafi. Sejak abad ke-7 M unsure hiasan pada arsitektur Islam sudah menjadi suatu cirri khas.

Sejak saat itu arsitek muslim kian mengembangkan gaya kubah pada rumah Allah. Pada abad ke 12 M kubah di Kairo menjadi langbang arsitektur nasional Muslim dalam struktur masyarakat muslim disana. Pastinya dari masa-kemasa bentuk kubah masjid terus bermacam-macam mengikuti teknologi yang semakin berkembangan. Dan dengan banyaknya aneka bentuk dari kubah-kubah di masjid yang tersebar di seluruh dunia memberikan keanekaragaman dari bentuk dan model arsitektur tentang tempat ibadah umat Islam ini.

 

Artikel terkait: Harga Kubah Mesjid dan Desain Kubah Masjid

Leave a Reply