Jenis Kubah Masjid

Mencari Jenis Kubah Masjid berkualitas? Hubungi: +6281333735000 (Wahyu Agus Ariadi)

Jenis Kubah Masjid

Kubah masjid merupakan salah satu teknik desain bangunan yang diterapkan pada bagian atap. Kubah masjid ini selain berfungsi sebagai estetika juga berfungsi dalam hal sirkulasi udara. Bangunan yang di atasnya memiliki kubah cenderung lebih sejuk karena sirkulasi udaranya baik. Maka tidak heran masjid dengan banyak kubah tidak memerlukan pendingin udara agar menghasilkan ruangan yang dingin.

Pada awal kemunculannya, jenis kubah masjid hanya ada satu jenis. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, pakar desain bangunan pun terus melakukan inovasi dalam membuat kubah masjid yang menarik dan fungsional. Sebab, kubah masjid menjadi pusat perhatian dan tidak jarang menjadi identitas dari masjid tersebut.

Saat ini banyak desain kubah masjid yang megah dan juga unik sehingga mendatangkan banyak pengunjung. Entah hanya sekedar untuk menikmati keindahannya atau juga untuk menikmati kenyamanan beribadah di dalam masjid tersebut. Tentu saja ini membawa efek positif bagi semua orang yang datang. Ada banyak jenis kubah masjid yang bisa ditemukan di penjuru dunia. Mau tahu apa saja macam-macam jenis kubah masjid? Simak informasi penting di bawah ini:
1. Kubah Oval
Jenis kubah yang pertama ini bentuknya lebih mirip seperti bulatan telur. Secara kasat mata, bentuknya seperti telur yang dibelah secara horizontal. Sehingga menyisakan bentuk separuh lonjong. Bangunan yang banyak menggunakan kubah seperti ini bisa dilihat pada bangunan di masa Barok Rococo.
2. Kubah Bawang
Kemudian, ada pula kubah bawang. Seperti namanya, kubah ini mirip seperti bawang. Pada bagian atasnya bentuknya meruncing seperti ujung bawang. Sedangkan pada bagian bawahnya lebih mirip seperti bagian bawah bawang. Faktanya, banyak ditemui masjid di Indonesia yang menggunakan kubah masjid seperti ini. Jika di luar negeri, kubah bawang banyak digunakan pada bangunan gereja orthodox di Rusia.
3. Kubah Payung
Selain kedua jenis kubah di atas, kubah payung juga sering digunakan pada bagian atap masjid. Kubah ini mirip sekali dengan payung yang melengkung dengan bagian tepi yang melengkung-melengkung pula. Biasanya, kubah payung terbuat dari bahan Galvalum yang ringan dan mengkilap jika terkena cahaya.

Dari ketiga jenis kubah masjid di atas, mana yang ada di daerahmu? Konsultasikan dengan kontraktor kubah masjid terpercaya, Wahyu Agus Ariadi (PT. Anugerah Kubah Indonesia) 081333735000

Baca juga: PT Anugerah Kubah Indonesia dan Daftar Harga Kubah Enamel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *