Cara Pemasangan Kubah Enamel

Call/WA 081333735000 (Wahyu Agus Ariadi) untuk info pemesanan kubah enamel murah

 

Membangun masjid memang membutuhkan persiapan yang tepat dan benar. Sehingga hal ini sebaiknya jangan sampai disepelekan. Termasuk yang cukup penting yaitu memastikan adanya pembuatan kubah masjid yang merupakan salah satu unsur penting yang tidak boleh dilupakan. Dari sejak dahulu kubah masjid merupakan salah satu hal yang selalu ada pada setiap masjid. Oleh karena itu juga penting mempertimbangkan langkah yang tepat untuk memilih kubah masjid terbaik beserta jasa kontraktornya yang bisa diandalkan. Misalnya PT. Anugerah Kubah Indonesia sebagai salah satu jasa pemasangan kubah enamel yang cukup terkenal karena pengalaman dan amanahnya dalam bertugas. Sehingga para pelanggan merasa lega dan tidak takut akan tertipu.

 

pt. anugerah kubah indonesia
Ini adalah kubah masjid produksi PT. Anugerah Kubah Indonesia yang telah terpasang di Masjid Irsyad Hanafi Jl. Jendral Sudirman No 134 Manna-Bengkulu Selatan dengan diameter kubah utama 9 meter yang menggunakan bahan enamel.

Cara Membuat Kubah Masjid Enamel

Apabila ingin membuat kubah enamel, maka sebaiknya ketahui secara detail mengenai kubah berbahan dasar yang satu ini. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika memiliki informasi yang tepat tentang cara membuat maupun memasangnya. Sebagai gambaran umum berikut ini beberapa cara membuat kubah masjid enamel yang umum dilakukan:

  • Mempersiapkan bahan yang dibutuhkan di antaranya markara yang umum dipakai dengan menggunakan bahan dari stainless steel.
  • Kontruksi detail kubah enamel secara umum menggunakan lapisan penutup di lokasi teratas dengan memakai bahan yang terbuat dari panel enamel. Bisa juga memakai bahan galvalum yang sama persis.
  • Pewarnaan umumnya dilakukan menggunakan powder coating atau pengecatan menggunakan cat deko dengan kualitas yang cukup baik dan unggul.
  • Untuk dudukan panel kubah menggunakan kerangka utama yang memakai bahan kombinasi pipa galvanis.
  • Untuk plat kubah memakai bahan galvalum dan bahan membrane. Keduanya diaplikasikan sebagai lapisan yang bisa tahan terhadap air.
  • Untuk rangka dudukan kubah menggunakan lapisan yang juga kedap air. Bahannya biasanya merupakan jenis pipa hollow.
  • Untuk model serta bentuk di bagian atas plafon biasanya disesuaikan dengan keinginan dan desain yang direncanakan pelanggan sejak awal. Sehingga hal ini tergantung keputusan pelanggan untuk menentukan model serta bentuk akhirnya.

Sedangkan setelah melakukan proses pembuatan ini maka diperlukan proses pemasangan kubah yang benar. Adapun secara umum berikut ini cara memasang kubah enamel yang tepat:

  • Melakukan pemasangan dan pembuatan rangka sesuai dengan luasan yang dibutuhkan. Hal ini umumnya tidak memakan waktu lama tetapi harus dikerjakan dengan hati-hati. Biasanya pemasangan rangka menggunakan bahan baja ringan yang mudah dipasang.
  • Selanjutnya memastikan bahwa pemasangan rangka sudah dilakukan sesuai kesepakatan yang dinyatakan di awal maupun sesuai luasan desain yang diperlukan.
  • Kemudian dilakukan pelapisan membrane pada bagian kubah dengan tujuan untuk menghindari resiko terhadap panas terik maupun hujan.
  • Kemudian dipasang bagian plat berupa galvanum yang memiliki kualitas yang cukup baik sehingga banyak dipilih orang.
  • Setelah plat terpasang rapi maka dipasanglah panel enamel yang telah dibuat sesuai warna dan keinginan pelanggan.
  • Apabila langkah tersebut selesai dilakukan, maka pemasangan kubah enamel juga berakhir dengan cara minimal.

Rumus Kubah Enamel

Adapun untuk menentukan desain serta kebutuhan kubah masjid enamel, maka selanjutnya yang diperlukan yaitu mengetahui rumus kubah enamel yang paling tepat. Sehingga dengan demikian bisa dilakukan perhitungan kebutuhan luasan dan besarnya kubah yang akan dibangun. Dengan rumus kubah enamel juga bisa diperoleh estimasi detail kubah enamel yang sesuai perhitungan dan keperluan. Berikut ini gambaran rumusannya secara umum.

  • Persamaan dasar yang dipakai yaitu persamaan numerik integral benda putar. Dari persamaan kurva tersebut maka didapatkan garis lengkung kubah. Adapun persamaan dasar ini dapat dicari dengan mengunakan metode numerik, manual maupun menggunakan software yang sesuai.
  • Selanjutnya untuk menghitung luas kubah setengah bola menggunakan persamaan setangah phi dikalikan dengan kuadrat diameter kubah. Cara lain bisa juga melalui pembagian area atap kubah.
  • Adapun cara lain yang lebih mudah yaitu menggunakan bantuan grafis di Autocad maupun software sejenis. Sehingga dengan demikian bisa didapatkan luasan kubah secara cepat. Bahkan memakai software umumnya merupakan cara paling akurat dan minim kesalahan dalam menentukan ukuran kubah enamel.

Detail Kubah Enamel

Selain mengetahui bagaimana perhitungan kubah yang tepat, yang tak kalah penting mengetahui detail kubah enamel secara tepat. Biasanya kontruksi kubah enamel ini terdiri dari beberapa bagian seperti yang telah disebutkan di atas. Sementara desain serta warna dari kubah akan ditentukan oleh para pelanggan sendiri. Oleh karena itu sangat penting supaya mempertimbangkan desain dengan maksimal dan masak-masak. Sehingga nanti hasil akhirnya sesuai dengan kainginan serta ekspetasi. Yang terpenting lagi yaitu memastikan kubah enamel memiliki pola dan warna corak menarik sehingga menambah nilai estetika dari bangunan masjid yang direncanakan.

Kontruksi Kubah Enamel

Tidak hanya desain, kontruksi kubah enamel juga membutuhkan pertimbangan yang tepat. Karena itu memilih jasa pembuat kubah enamel terpercaya juga merupakan hal yang cukup penting. Berikut ini beberapa hal berkaitan dengan kontruksi kubah bahan enamel tersebut:

  • Rangka yang digunakan menggunakan rangka baja ringan. Sehingga tidak berat dan tidak butuh pondasi yang kuat dan besar.
  • Pastikan supaya kontruksi yang direncanakan juga tidak susah untuk dilaksanakan sehingga tidak memakan terlalu banyak waktu.
  • Tentukan jadwal pemasangan dan berapa hari lamanya kontruksi supaya tidak terlalu lama dan menyebabkan terlambatnya penyelesaian pembangunan kubah masjid.
  • Sebaiknya pilih jasa kontruksi berpengalaman supaya hasilnya baik dan cukup memuaskan. Salah satunya dengan menyerahkan pekerjaan tersebut pada PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Ukuran Kubah Enamel

Menentukan ukuran kubah enamel tentunya juga penting dilakukan. Ini merupakan salah satu hal yang harus diperhitungkan sejak awal. Jangan sampai ukuran kubah enamel yang didesain ternyata terlalu kecil atau bahkan terlalu besar. Karena jika demikian maka biaya dan alokasi material nantinya tidak sesuai dengan rencana yang diberikan di awal. Terutama jika menyebabkan pembengkakan biaya kontruksi maupun pengerjaan dan waktu. Hal ini tentu menjadi salah satu hal yang paling ingin dihindari supaya pembangunan kubah masjid dapat berjalan optimal dan menghabiskan biaya sesuai kebutuhan saja. Adapun supaya sesuai sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Tentukan ukuran kubah sesuai dengan besarnya masjid yang akan dibangun. Sehingga kelihatan serasi dan menarik.
  • Pastikan bahwa ukuran tersebut juga disesuaikan dengan banyaknya material yang akan dibutuhkan nantinya. Hal ini secara tidak langsung berkaitan dengan dana dan rincian biaya yang diperlukan.
  • Supaya lebih jelas sebaiknya mintalah saran dan konsultasi desain pada jasa pembuatan kubah masjid enamel yang tepat, misalnya pada PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Itulah sedikit informasi cara pemasangan kubah enamel yang paling tepat. Sebaiknya cari informasi yang tepat tentang aktivitas tersebut apabila berencana melakukannya. Ada baiknya bertanya dan melakukan konsultasi pada ahlinya yaitu PT. Anugerah Kubah Indonesia yang memiliki nomor telepon di 081333735000. Tentunya dengan demikian maka pekerjaan pembangunan dan pemasangan konstruksi kubah enamel dapat dilakukan secara maksimal. Yang paling penting lagi bahwa desain dan detail kubah enamel nantinya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang hendak dicapai.

 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kubah Enamel dan Pembuat dan Penjual Kubah Masjid di Jogja